Tips Bepergian ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

Travelling menjadi tren yang sedang menjamur di Indonesia terutama untuk kalangan milenial. Orang yang awalnya tidak suka travelling pun mulai melakukan eksplorasi dan mulai menyukai aktivitas outdoor satu ini. Kemudahan akses transportasi seperti pesawat, kereta, dan bus bahkan mobil pribadi semakin dipermudah dengan adanya berbagai platform online yang mulai ramai digunakan. 

Platform penyedia jasa booking online transportasi tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga penawaran menarik. Tidak bisa dipungkiri, berbagai diskon juga memberikan antusiasme besar bagi mereka yang awalnya tidak berniat untuk travelling. Terutama bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Banyak kalangan milenial berani untuk memulai perjalanan mereka ke luar negeri. Tapi ternyata, banyak juga yang masih awam sekali dan menganggap travelling ke luar negeri masih termasuk ribet. Tak terkecuali untuk urusan umroh ataupun haji sekalipun. 

Buat kamu yang berniat untuk melakukan wisata atau travelling ke luar negeri, bahkan yang beberapa waktu ini berniat umroh maupun haji, Abinuwas punya tips jitu untuk kamu yang baru pertama kali. 

Matangkan Rencana

Plan

Poin paling penting di setiap perjalanan adalah mematangkan rencana. Apalagi untuk kamu yang baru pertama kali travelling. Untuk perjalanan antar kota di Indonesia saja, kamu perlu mematangkan rencana agar tidak banyak kendala di perjalanan, apalagi ke luar negeri. Jika di dalam negeri mungkin kamu tidak terlalu merasakan efeknya, tetapi begitu di luar negeri akan sangat terasa.

Mulai dari kesulitan berkomunikasi, kesulitan untuk memahami budaya dalam bertanya, bersikap, dan lain sebagainya. Mematangkan rencana juga bisa membuat waktu perjalanan kamu lebih efisien. Kamu sudah tahu akan pergi kemana menggunakan apa, sampai menginap dimana.

Untuk perjalanan haji dan umroh misalnya, hal ini sangat penting, mengingat rangkaian ibadah harus dilakukan dengan khidmat, dan seminimal mungkin kendala. Bayangkan jika kamu berencana untuk menunaikan ibadah sholat subuh tetapi belum mengetahui letak hotel atau penginapan dekat yang murah. Biasanya ini akan merusak mood, semangat, dan esensi perjalanan kamu.

Usahakan pergi Bareng Teman atau Keluarga

Travelling Bareng

Berusaha untuk pergi secara berkelompok untuk pertama kali bukanlah manja atau berarti kamu tidak pemberani. Kamu hanya perlu untuk belajar dan latihan secara langsung di perjalanan pertama kamu. Sehingga untuk seterusnya kamu sudah bisa mencoba dan membayangkan akan seperti apa perjalanan tersebut.

Meskipun destinasinya berbeda, tetapi ada pengalaman dan hal – hal dasar yang setidaknya bisa kamu pelajari. Mulai dari bagaimana membuat rencana, booking tiket, memilih transportasi yang murah dan aman, serta penginapan. Kamu juga bisa mendapatkan tips dari teman – teman yang mungkin sudah pernah melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pastikan Administrasi Penting

Passport

Tidak hanya perjalanan umroh atau haji saja yang perlu melakukan pengecekan administrasi. Apapun jenis perjalanan kamu ke luar negeri, perlu memastikan segala hal yang berhubungan dengan administrasi. Kenapa?Jika pada perjalanan dalam negeri kamu hanya membutuhkan KTP dan tiket saja, perjalanan luar negeri membutuhkan setidaknya passport.

Pembuatannya juga bisa tidak mudah jika kamu tidak mengerti benar prosedurnya. Oleh karena itu, untuk memastikan perjalanan kamu aman, tentram, dan pastinya menyenangkan, sangat perlu untuk mempersiapkan segala administrasi penting yang diperlukan.

Packing Rapi dan Terstruktur

Packing

Biasakan untuk mampu mengakomodir barang – barang kamu agar mudah dan efisien untuk dipergunakan. Packing rapi dan terstruktur juga membantu mengurangi kemungkinan barang tertinggal atau terlupa. Bagaimana caranya? Pertama, pastikan kamu sudah membuat daftar barang – barang yang ingin dibawa. Kedua, pastikan kamu sudah mengelompokkannya berdasarkan kategori apapun yang bisa memudahkan kamu. Misalnya kategori gadget, surat – surat penting, alat sholat, alat mandi, alat make up, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka umroh, kamu juga bisa membedakan perlengkapan ibadah dan perlengkapan lainnya. Hal ini memermudah kamu jika sewaktu – waktu menemukannya. Karena barang sudah dipisah dan dirapikan berdasarkan kategori.

Cek Kesehatan dan Vaksin Jika Diperlukan

Kesehatan

Beberapa perjalanan tertentu memungkinkan kamu untuk memeriksa kesehatan serta vaksin. Misalnya untuk perjalanan ke tanah suci, ada beberapa standar cek kesehatan dan pemberian vaksin yang diatur. Pastikan kamu sudah melakukan serangkaian prosedur kesehatan tersebut agar perjalanan kamu selama di tanah suci dan sepulangnya bisa aman.

Jika kamu melakukan perjalanan ke negara – negara yang tengah terserang penyakit tertentu, kamu biasanya juga harus berkonsultasi apakah harus mendapatkan vaksin agar sepulangnya kamu dari luar negeri tidak menyebarkan virus tersebut jika saja terkena di negara tujuan.

Bawa Peralatan Urgent Pribadi

Obat Pribadi

Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya kamu bisa memastikan kembali untuk membawanya. Entah itu obat – obatan atau barang lainnya yang diperlukan. Seperti sweater jika kamu tidak tahan dingin, bantal leher, vitamin, dan lain sebagainya.

Peralatan – peralatan urgent pribadi ini juga perlu didaftarkan dalam daftar barang saat packing. Selalu pastikan letaknya dan lakukan pengecekan rutin agar tidak tertinggal. Kamu juga bisa terus membawa daftar barang yang sudah kamu buat tadi untuk melakukan pengecekan rutin. Ini diperlukan tidak hanya saat berangkat dan pulang, tetapi juga saat ada kemungkinan kamu harus pindah tempat penginapan, dan lain sebagainya.

Utamakan Perlengkapan Simpel dan Sederhana

Koper  Sederhana

Kamu harus mengetahui waktu perjalanan kamu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan berapa jumlah pakaian yang kamu bawa, mempertimbangkan untuk membawa travel kit saja untuk perlengkapan mandi dan sebagainya. Kamu juga bisa memilih tas yang lebih gampang untuk kamu bawa tergantung tujuan.

Jika kamu melakukan perjalanan umroh, kebanyakan jamaah lebih leluasa menggunakan koper. Jika kamu berencana untuk jalan – jalan backpacker, mungkin kamu bisa menggunakan tas ransel. Selalu utamakan kenyamanan kemudian baru fashion dan lainnya saat bepergian ke luar negeri.

Itu dia tips bepergian ke luar negeri untuk kamu yang baru pertama kali. Tips ini bisa kamu aplikasikan jika kamu berniat dan berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri seperti haji, umroh, wisata religi, dan liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *