Alhambra, Peninggalan Bersejarah Bani Umayyah di Spanyol

Istana Alhambra merupakan warisan berharga peninggalan masa Kekhalifahan Umayyah. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Spanyol.

Negara Spanyol punya banyak sekali berbagai objek-objek wisata menarik yang bakal bikin kamu tercengang karena keindahan serta keunikannya. Beberapa di antaranya adalah Sagrada FamiliaCasa MilaCasa Batllo, dan lain sebagainya. Tapi ada salah satu objek wisata yang bisa dibilang spesial di kawasan Granada, kota yang letaknya di sebelah selatan Spanyol, yaitu istana Alhambra.

Sumber: Siber Klik

Yang membuat istana tersebut terasa spesial, bukan hanya karena tampilannya saja yang terlihat megah dan indah, tapi Alhambra adalah salah satu warisan berharga peninggalan masa Kekhalifahan Umayyah. Istana tersebut merupakan bukti nyata bahwa Islam pernah mencapai puncak keemasannya di Eropa Barat.

Istana Alhambra sendiri dibangun sejak tahun 1238 Masehi, kamu bisa bayangkan betapa bersejarahnya bangunan tersebut. Nama Alhambra diambil dari kata bahasa Arab, yaitu al hamra, yang berarti benteng merah. Pasalnya istana tersebut memang didekorasi dengan bata, ubin, keramik, dan hiasan dinding yang agak kemerah-merahan.

Alhambra didirikan secara bertahap antara tahun 1238 M hingga 1358 M oleh kerajaan Bani Ahmar, kerajaan Islam terakhir yang berada di Spanyol. Namun sayangnya, setelah selama delapan abad Islam menguasai Spanyol, pada tahun 1492 seorang Raja Katolik bernama Raja Ferndinand V berhasil mengepung Granada dan menundukkan kerajaan Bani Ahmar sehingga mendapatkan kekuasaan terhadap istana Alhambra. Dari situlah kejayaan Islam di Eropa perlahan-lahan mulai menghilang. Kendati demikian, kini Alhambra dinobatkan sebagai simbol sejarah peradaban Islam kuno, yang ditetapkan UNESCO menjadi salah satu situs peninggalan warisan budaya dunia.

Nah, lantas ada apa saja sih yang menarik di Alhambra?

Pada bagian luar isatana, terdapat sebuah taman dengan bunga-bunga cantik yang bermekaran setiap musim semi datang. Ada sebuah spot yang disebut dengan Hausyus Sibb, atau Taman Singa. Taman tersebut dikelilingi oleh 128 tiang yang terbuat dari marmer dan dihiasi dengan 12 patung singa yang berbaris melingkar. Nah, Hausyus Sibb ini merupakan salah satu spot yang cukup ikonik dari isatana Alhambra lho.

Sumber: Tools and Toys

Memasuki bagian dalamnya, kamu akan merasakan nuansa Islami yang terasa begitu kental. Sebab hampir di setiap dinding, tiang, bahkan langit-langit istana terdapat detail ukiran serta ornamen seni kaligrafi kuffic yang terlihat rumit namun begitu indah. Rangkaian ayat-ayat Al Quran serta motto kerajaan yang berbunyi Wa La Ghaalib Ila Allah berjejer rapi dan sejajar, memancarkan nuansa emas yang begitu mempesona.

Sebenarnya struktur istana Alhambra sendiri terdiri dari tiga bagian utama. Yang pertama adalah Hausyus Sibb yang letaknya berada di bagian luar istana. Yang kedua adalah Al Birkah, yaitu sebuah kolam renang besar yang terbuat dari marmer putih, yang dikelilingi dengan lorong berliku. Dan yang terakhir adalah Jennat Al Arif, yang merupakan struktur bangunan istana yang paling tua. Jennat Al Arif adalah sebuah vila khusus raja yang letaknya berada di ujung taman. Di tempat ini, raja bisa bisa melihat langsung pemandangan perkampungan di luar istana sehingga bisa dengan mudah mengontrol keseharian rakyatnya.

Sumber: Dosde

Selain tiga bagian tersebut, tentunya Alhambra juga masih memiliki berbagai sudut megah lainnya seperti tempat pemandian umum, tempat beribadah, dan ruang pengadilan yang dihiasi dengan seni arsitektur khas abad pertengahan. Begitu megahnya, sampai-sampai pesona dan keindahan istana tersebut terlihat bak surga dunia.

Kendati kini Alhambra sudah berumur ratusan hingga ribuan tahun lamanya, namun sampai sekarang bangunannya masih tetap berdiri kokoh tanpa berkurang sama sekali keelokannya. Karena itu, bagi kamu yang sedang pergi berlibur ke Spanyol, terutama Granada, rasanya nggak sah kalau belum berkunjung ke Alhambra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *